Penuhi Kebutuhan Fasilitas Pembelajaran, ITS Dirikan Tower 2

    Penuhi Kebutuhan Fasilitas Pembelajaran, ITS Dirikan Tower 2

    SURABAYA - Setelah sukses dengan pembangunan Tower 1, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membangun gedung Tower 2 untuk memenuhi kebutuhan fasilitas pembelajaran. Mengawali proses pembangunannya, ITS melakukan seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama gedung Tower 2 yang berlokasi di area Departemen Teknik Elektro ITS, Rabu (27/4/2022).

    Pembangunan Tower 2 ini merupakan hasil kerja sama ITS dengan PT Wijaya Karya (WIKA). Seremoni dihadiri langsung oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Dr Ir Lily Pudjiastuti, Ketua Senat Akademik (SA) ITS Prof Dr Syafsir Akhlus, Ketua Ikatan Alumni Elektro ITS (IKA ELITS) PW Jatim Rudy Kurniawan, Direktur Operasi III PT WIKA Ir Rudi Hartono, serta sejumlah mitra perusahaan dan jajaran pimpinan ITS.

    Dalam sambutannya, rektor yang kerap disapa Ashari tersebut menyampaikan, pembangunan gedung Tower 2 ITS ini dilatarbelakangi adanya peningkatan jumlah mahasiswa ITS dari tahun ke tahun. “Saat ini jumlah mahasiswa ITS mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 20 ribu menjadi 25 ribu dan akan terus mengalami peningkatan ke depannya, ” ungkap Ashari dalam sambutannya.

    Dari situ, sambungnya, ITS menggandeng PT WIKA untuk mendirikan Tower 2 ITS guna memenuhi kebutuhan infrastruktur pembelajaran. Hal itu juga mengingat beberapa tahun terakhir ini ITS telah membuka sejumlah program studi (prodi) baru.

    “Dengan adanya Tower 2 ini, harapannya sivitas akademika ITS akan merasa lebih nyaman sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat, ” tandasnya penuh harap. Seperti yang diketahui, ITS telah membangun Tower 1 ITS yang dikenal juga sebagai MIPA Tower sejak 2012 dan memiliki 11 lantai. Pada tahun ini, setelah sempat tertunda dua tahun dikarenakan pandemi Covid-19, ITS terus gencar untuk melakukan pembangunan infrastruktur dalam kampus.

    “Selain pembangunan Tower 2 ITS, dicanangkan pula pembangunan Tower 3 ITS dan Pusat Bahasa, ” imbuh guru besar Teknik Elektro ini.

    Gedung Tower 2 ITS ini sendiri akan dibangun selama 11 bulan ke depan. Lantai 1 akan difungsikan sebagai lobi pintu masuk dan ruang pamer. Kemudian, pada lantai 2 akan diisi dengan student service serta auditorium. Laboratorium pembelajaran akan mengisi lantai 3 dan 9, sedang pada lantai 4 hingga 8 akan difungsikan sebagai ruang kelas untuk beberapa departemen.

    Tidak hanya menyediakan fasilitas untuk para mahasiswa, lantai 10 dari gedung Tower 2 ITS ini diperuntukkan ruang dosen.

    Terakhir, lantai teratas akan difungsikan sebagai ruang serbaguna yang berkapasitas 160 orang. Pada gedung Tower 2 ITS ini juga dilengkapi dengan Building Automation System (BAS) dan Solar Panel sehingga dapat menghemat energi dan biaya pemeliharaan.

    (HUMAS ITS)

    Reporter: Tyara Novia Andhin

    SURABAYA
    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono

    Artikel Sebelumnya

    Peringati Hari Bumi, ITS Luncurkan Tabungan...

    Artikel Berikutnya

    Bahas Cryptocurrency, Pakar Ekonomi Islam...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Sumarno

    Sumarno verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Jan 15, 2022

    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Jan 16, 2022

    Aa Ruslan Sutisna

    Aa Ruslan Sutisna verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 2

    Registered: Jan 21, 2022

    Yandi Arief

    Yandi Arief verified

    Postingan Bulan ini: 0

    Postingan Tahun ini: 0

    Registered: Sep 5, 2020

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Mahasiswa ITS Gagas Rompi Detektor Serangan Jantung Koroner
    Ini Perbedaan Teknik Geomatika dan Teknik Geofisika ITS
    ITS Sosialisasikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru
    Pakar UNAIR: Tradisi Lebaran Bukan Sekadar Kumpul Keluarga

    Follow Us

    Recommended Posts

    Universitas Brawijaya Bersiap Memilih Rektor 
    Bupati Pasuruan Angkat Tema Kopi dalam Disertasinya 
    UTBK di UB Diikuti Tujuh Peserta Difabel
    LPP Rancang SOP Untuk Persiapan Pembentukan Program Studi Baru 
    Perjanjian Kerjasama Perpustakaan UB dan Fakultas Vokasi UNAIR